Promo
Daftar Haji Plus Sekarang dapat HADIAH UMROH GRATIS
Info Terbaru
Jadilah Perwakilan Kami ! dan Dapatkan Penghasilan Tetap Hingga Ratusan Juta Rupiah Perbulan
Jakarta 08114451981 , Makassar 08114441974 , Pekanbaru 082392144246
08114451982
PaKeM Tours

Suhu Mekkah 43 Derajat Celcius, Ini Tipsnya Agara Tidak Dehidrasi

Saturday, July 28th 2018.

Makkah (PHU)—Sebagian Jemaah haji Indonesia mulai dari kemarin Kamis (26/07) sudah mulai tiba di Makkah, dan hari ini Jumat (27/07) bagi Jemaah haji laki-laki sudah mulai melaksanakan kewajiban salat jumat yang pertama.

Saat ini suhu udara di Makkah sudah mencapai 43 derajat celcius. Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah pun memberikan beberapa tips untuk mencegah dehidrasi pada saat Jemaah haji melaksanakan salat jumat di Masjidil Haram.

Menurut Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Makkah dr. Nirwan Satria, Langkah pertama, upayakan datang sejak pagi. Tiba di Masjidil Haram sejak pukul 08.00 pagi akan memudahkan jemaah haji dalam memilih tempat.

“Dengan datang pagi maka jemaah bisa memilih tempat di dalam. Di dalam itu lebih aman karena tidak terpapar langsung sinar matahari,” ujar Nirwan Satria di kantornya di kawasan Al Aziziyah Janubiyah, Makkah Jumat (27/07).

Datang lebih pagi juga membuat jemaah untuk leluasa masuk ke Masjidil Haram. Dengan begitu jemaah tak perlu terlibat desak-desakan dengan jemaah lain.

Sebagaimana diketahui apabila jemaah membeludak, dan biasanya terjadi seperti itu di salat jumat, jemaah akan meluber sampai ke pelataran Masjidil Haram. Jemaah yang di luar ini akan terpapar langsung sinar matahari.

Langkah kedua, jemaah haji diminta bersabar saat keluar usai salat jumat. Lebih baik menunggu di dalam sampai gelombang besar pergerakan jemaah keluar dari Masjidil Haram selesai.

“Bertahan terlebih dahulu di dalam itu penting untuk menghindari desak-desakan,” ujar Nirwan.

Langkah ketiga merupakan langkah umum yang sama sekali tak boleh ditinggalkan. Jemaah harus rutin minum air putih untuk menjaga kadar cairan. Di masjidil haram banyak kran air zamzam baik di dalam maupun di luar masjid.

Khusus setiap hari jumat, pihaknya telah menambahkan personel khusus yang bertugas diseputar Masjidil Haram yang biasanya hanya 2 petugas akan ditambah 2 orang petugas lagi.

“Kami juga menyiagakan tim kesehatan dan menambah jumlah personel khusus untuk pelaksanaan salat jumat di Masjidil Haram,” tutur Nirwan.

Waktu Salat penanda salat zuhur di Makkah pada hari ini jatuh pada pukul 12.27 WAS. Suhu di Makkah pada saat itu bisa mencapai lebih dari 43 derajat celcius.(mch/ha), SUMBE ASLI : WEB HAJI KEMENAG RI